welcome to Kameko no Kitsune official site
 
Picture
Penyebab pecahnya Perang Troya (5): Kesimpulan Akhir 
Nov 4, '11 1:20 AM

Sebelum kita melanjutkan cerita minggu lalu, khusus minggu ini akan dibahas peristiwa yang bekaitan dengan penyebab Perang Troya. Masing-masing peristiwa saling berkaitan satu dengan lainnya. Bila ada yang belum jelas dan ingin ditanyakan mengenai perang besar ini bisa langsung bertanya di sini. Bagi yang baru pertama kali membaca blog ini disarankan membaca dulu blog-blog saya sebelumnya tentang Perang Troya.

Setidaknya ada tujuh tokoh yang terlibat dan turut berperan sehingga Perang Troya terjadi:

1. Eris (dewi perselisihan) yang melempar apel emas di pernikahan Peleus dengan Thetis. Apel emas itu bertuliskan: “Untuk yang tercantik” dan membuat tiga dewi Olympos (Hera, Athena, Aphrodite) bertengkar memperebutkannya.

2. Paris yang ditunjuk oleh Zeus sebagai hakim yang memutuskan akan diberikan ke siapa apel emas itu. Kenapa harus Paris yang memutuskan? Hanya Zeus yang mengetahui alasan sebenarnya karena dia sendiri yang menunjuk Paris.

3. Aphrodite (dewi cinta) yang menjanjikan Helena, wanita tercantik di dunia, kepada Paris apabila pemuda itu memberikan apel emas kepadanya. Walaupun saat itu Helena sudah menjadi istri Menelaos, tetapi dengan kekuatan cintanya Aphrodite membuat Helena takluk pada Paris.

4. Agelaos (penggembala Priamos) yang seharusnya membunuh Paris saat masih bayi tetapi malah merawat dan membesarkannya seperti anak sendiri.

5Priamos (raja Troya) yang mengabaikan peringatan Kassandra tentang bencana yang akan menimpa Troya apabila Paris dibiarkan hidup dan tinggal di Troya.

6. Menelaos (raja Sparta, suami Helena) yang pergi ke Kreta untuk upacara perkabungan kakeknya saat Paris datang dalam kunjungan kerajaan. Menelaos meninggalkan Helena berdua dengan Paris di Sparta. Kesempatan itu digunakan oleh Paris untuk membujuk dan membawa kabur Helena.

7. Di balik itu semua, sebenarnya Zeus dan dewi-dewi Takdir yang merencanakan Perang Troya ini harus terjadi. Bumi sudah semakin banyak dihuni oleh manusia dan untuk meringankan beban Bunda Bumi harus ada perang besar untuk mengirim sejumlah manusia ke Hades. 

Beberapa waktu setelah Perang Troya berakhir, era Generasi Pahlawan berakhir dan Bumi dihuni oleh generasi manusia yang mendiami Bumi saat ini dan yang terakhir, yaitu Generasi Besi.

Prayudi~Greek mythology reteller



Source pic: http://ancienthistory.about.com/b/2006/01/01/trojan-war-faqs-2.htm
 


Comments




Leave a Reply